Ganti IP LDOM Solaris 11

buat catatan online aja nih…

sebelumnya, ada request customer untuk ganti IP server-server nya setelah pergantian network design. nah, ada beberapa server solaris 11 yang notabene disetup pakai LDOM dari solaris. untuk penggatian IP di LDOM ini saya menjalankan beberapa step dibawah ini.
1. connect ke ILOM terlebih dahulu
2. lalu, connect ke CDOM melalui console atau serial connection, as long as dapat akses.
3. kemudian, dari CDOM connect ke LDOM dengan cara telnet, as below. Continue reading

Advertisements

ORA-24247: network access denied by access control list (ACL)

ORA-24247: network access denied by access control list (ACL)

sesuai judul, dengan kerjaan migrasi oracle database dari 10g ke 12c, ketemu dah beberapa hal yang tidak lazim. walaupun penggunaan ACL sudah diperkenalkan sejak oracle database versi 11g, cuman baru saat ini ketemu beginian.
setelah migrasi schema-schema yang diperluakan melalui metode export import, dan setelah object-object di recompile, maka ada beberapa script yang tidak bisa run di versi 12c. sebelumnya di versi 10g tidak ada issue dengan script tersebut. mulailah ngobok-ngobok lewat google dan kawan-kawan.
issuenya, setelah running script yang menggunakan UTL_HTTP, untuk akses website melalui sql command, ketemu error seperti ini
SQL>select UTL_HTTP_GET(‘http://example:27272’) from dual;
“ORA-29273: HTTP request failed
ORA-24247: network access denied by access control list (ACL) Continue reading

cara create oracle script di execute lewat crontab

cara create oracle script di execute lewat crontab

dalam case ini, coba create simple script untuk capture session dan sql detail bersama timestamp dan akan di run tiap 15 menit dari crontab.
environmentnya pake oracle solaris 10 ya. sama aja klo pake linux juga. yang penting paham penggunaan waktu di crontab aja.

ceritanya, saya ingin mendapatkan detail session dan sql yang dijalankan, tapi auditnya tidak diaktifkan. dalam hal ini, cukup dengan menjalankan per 15 menit saja. karena itu sudah cukup buat jadi baseline untuk reporting.

step stepnya begini.
1. kita pastikan lokasi direktori yang akan digunakan menjadi source script dan destination resultnya
mkdir /opt/home/oracle/testing
chown oracle:dba /opt/home/oracle/testing ==> klo createnya pake user root ato user lain ya. klo createnya pake user oracle, udah pasti ownernya oracle :) Continue reading

Recover Solaris cluster from amnesia

Recover Solaris cluster from amnesia

beberapa hari lalu, ada perkerjaan untuk melakukan maintenance di solaris cluster 4.2, running di solaris 11. dan kejadian yang tidak diharapkan pun terjadi. setelah melakukan shutdown di node 1 dan node 2, kemudian melakukan start up, terjadilah node 1 bisa up dan node 2 stuck.
akhrinya solaris cluster pun AMNESIA, tidak bisa melihat node 2. dan semua resources under solaris cluster tidak berfungsi. mountpoint tidak bisa up, otomatis database pun tidak bisa up. akhirnya declare severity paling critical.
setelah berjibaku beberapa jam, dan paralel open case ke My Oracle Support (MOS), akhirnya AMNESIA pun bisa disembuhkan.

solusi yang diberikan dari team MOS ada di dokumen Doc ID 1018806.1 Continue reading

Mengganti nama ORACLE_SID dalam RAC Database

Mengganti nama ORACLE_SID dalam RAC Database

just sharing pengalaman baru baru ini. saya diminta untuk mengganti nama ORACLE_SID untuk memenuhi criteria dari piha customer.
untuk case ini, saya tidak mengganti nama database (DBNAME), saya hanya diminta mengganti ORACLE_SID name sesuai dengan criteria yang telah di tentukan oleh customer.
tapi saya akan sampaikan juga cara ganti dbname klo memang diperlukan.

saat ini kondisi dbname dan oracle_sid adalah sebagai berikut:
– dbname = PERFDB
– node 1 oracle_sid = perf1
– node 2 oracle_sid = perf2
– menggunakan ASM disks Continue reading

Oracle SUN servers x86 model numbers

currently we have seen some more models number/naming for Oracle SUN x86 servers. what is the different between the previous naming with the new naming ?

example, around 2012, we still see Oracle SUN servers model SUN Fire X4170 and now we see SUN server X3-2.

here some info about the former naming and new naming for Oracle SUN servers. Continue reading

Add new disk to Vetias Volume Manager on Solaris by Command Line.

Add new disk to Vetias Volume Manager on Solaris by Command Line.

Base on experience juga.

If you have a machine that using a veritas volume manager, and you need to increase volume space by online. you can follow this step to do that.

For information. you have volume that controlled by veritas volume manager, and that volume need to increase to get more avaliable space. please collect this data.
Volumegroup name :
diskname that avaliable to use :
volume name :
and block size the new disk :

when you add new disk to Solaris Machine, you have to label first.
after that do this step :
– scand disk by veritas
#vxdisk scandisk

– initialize disk with veritas
#vxdisksetup -if cxtxdx

– give new name for new disk and add to volumegroup
#vxdg -g vgname adddisk newdiskname=cxtxdxsx

– resize to maximum avaliable size
#vxassist -g vgname -p maxgrow volumename alloc=newdiskname xxxblocksizexxx
#vxresize -ttaskid-number -g vgname volumename xxxblocksizexxx alloc=newdiskname

that’s it.
please contact me if you find problem with this article.

regards
Bhieveth27 a.k.a Brother “BJ” John

%d bloggers like this: