Brocade Certified Network Engineer

Continue reading

Advertisements

Belajar Foundry Networks

foundrynetworks_logodiakuisisi oleh :

BROCADE_fnl_TM Continue reading

Koneksi VMWare ESX ke Hitachi USP100

Koneksi VMWare ESX ke Hitachi USP100 by experience on costumer site. costumer minta di assign disk ke vmware esx 3.0. nah langsung deh.. sedikit contek ke manual book. memang top dah manual book dari HDS, always uptodate. pertama, pastikan HBA ESX nya sudah di kenali di SAN switch, note : default dari ESX adalah point to point topologynya, so be aware, ini harus dan mesti kudu di colokin ke SAN switch. tidak bisa rdirect connect atau FC-AL atau loop. nah, klo belom kelihatan tuh di san switchnya, mending reboot aja tuh mesin ESX nya, bukan hanya guest hostnya, sekalian juga host ESX servernya. di matiin trus di idupin lagi alias di reboot a.k.a restart. sampe nongol tuh di san switch, karena menurut pihak VMWare, jika memang menggunakan HBA sesuai dengan rekomendasi VMWare, no problemo lah… karena sudah teruji dan terbukti di lab mereka nah, udah nongol kan WWN nya, trus lakuin kegiatan rutin lah di san switch, ZONING, bila perlu bikin ALIAS, dan jangan lupa update confignya, biar kerasa efeknya, hehhehehhe setelah zoning dan semua aktifitas di san switchnya selesai, sekarang step forward ke USP100 nya, sediain LUN untuk ESX nya, klo blom format aja LUN yang baru, tapi remember this, this format will take a long-long time to finish, so you have to prepare it before. Assign LUN yang sudah ready untuk di gunakan ke port yang sesuai dengan konfigurasi zoning di san switch. untuk host mode pada saat ngedit hostgroup di USP, pilihlah tipe 0A (NetWare), ini sesuai dengan dokumentasi dari ESX dan HDS nya. setelah ini semua selesai….. pastikan tidak ada yang ketinggalan. check lagi, # WWN sudah dikenali di SAN switch ? # Zoning sudah di create sesuai dengan WWN USP dan WWN ESX ? # Zoning sudah di Activate ? # LUN Musking di USP sudah dibuat blom ? # Hostmode di USP sudah diganti blom ? # LUN nya sudah di assign blom ? klo semuanya sudah selesai, tinggal reboot mesin ESX nya, dari guest host sampai ESX servernya. setelah total semuanya di reboot, tinggal tunggu hasil dah…. I hope the LUN will show up on the ESX server. I have test this on USP100 machine with Brocade 48000, IBM Server that running VMWare ESX 3.0, HBA Qlogic 2340. Good luck. After you read, don’t forget to give me a comment to make understnad how you feel after you read my blogs. Thank you.

Sedikit tips untuk koneksi storage ke IBM AIX

Sedikit tips untuk koneksi storage ke IBM AIX

Dari pengalaman gw nih…sewaktu nge konek in storage HDS ke mesin IBM dengan OS AIX.
AKu konekin Storage HDS AMS500, trus msein IBM udah ada HBA nya, trus koneknya lewat SAN switch Brocade 5000.

pertama, create LUN (logical volume) di Storagenya, trus create zone di brocadenya, baru assign LUN ke servernya.

nah.. untuk ngenalin disk nya di AIX nih..

klo mesin AIX nya masih baru dan a little bit binun pas mau ngecek HBA nya. ada baiknya hapus dulu HBA nya.

#rmdev -Rl fcsX ==> dimana X ini adalah no hba yang ingin di hapus.

trus jalankan command
#cfgmgr ==> ini untuk inisialisasi device yang baru dikenali oleh AIX nya sendiri.

setelah itu, biasanya klo masih baru topology di HBA nya AIX itu masih LOOP, nah gimana biar dia bisa langsung point to point?

tinggal jalankan perintah
#diag

setelah itu coba perintah #cfgmgr lagi,
nah … baru cek disknya.
dengan perintah
#lsdev

catatan, untuk sedikit mengetahui WWN dari hba, just execute this command.
#lscfg -vl fcsX ==> dimana X nya adalah nomor hba yang ingin di cek detailnya.
I hope this information can usefull for all of us.

regards
John

Pass on BROCADE test

Thanks GOD,

That’s the first word that I can say right now, cause I was pass Brocade test with the perfect score 100% and I know this is all I have come from Him, once again THANKS LORD.

this is the result of my test.

flowchart Inisalisasi port oleh brocade SAN Switch

flowchart Inisalisasi port oleh brocade SAN Switch

Sebelum mengetahui flowchart Brocade dalam inisialisasi type port, ada baiknya diketahui dulu type-type port dalam brocade. adapun type-typenya adalah :
U_port => Universal port, adalah type port pertama-tama sebelum brocade mengenalinya dengan type port lain.
F_port => Fabric port,adalah type port yang mengenali adanya Node terkoneksi
FL_port => Fabric Loop port, adalah type port yang mengenali adanya Node yang bersifat Loop
E_port => Expasion port, adalah type port yang digunakan untuk koneksi Inter-switch Link (ISL)
EX_port => Expansion port, adalah type port yang digunakan untuk koneksi FCIP antar switch
G_port => Generic port, adalah type port yang terkoneksi tetapi masih menunggu diinisialisasi apakah sebagai E_port atau F_port

Untuk brocade, port selalu dikenali untuk pertama kali dengan dengan Type U port (Universal Port). dan untuk mengenalinya, brocade memiliki flowchart inisialisasi. adapun flowchartnya adalah sebagai berikut :

Gambar Flowchart
brocade.jpg

Port yang akan selalu dikenal dengan U port terlebih dahulu (State 1)

Apakah ada port aktif yang mengirimkan signal ataupun yang terkoneksi ke brocade ? (Transition 1)
Jika Ya Lanjutkan kelangkah berikut
Jika Tidak kembali ke U port

Pada tahap ini U port akan mendeteksi dnegan mengirimkan sekitar 12 LIP (F7) Primitive Sequence. (Transition 2)

Jika kurang dari 3 Consecutive LIP Primitive Sequences diterima dan port akan memasukkan status OPEN_INIT dan melakukan deteksi FC_AL. (State 2)
Jika LIP Primitive Sequence tidak diterima, U port akan mencoba inisialisasi lewat OLD_PORT setelah percobaan 1 atau LIP di terima setelah 1 detik dan kemudian U port akan mencoba FC_AL lagi. (Transition 2)

Jika U port telah dikenal sebagai FL_port, U port akan mencoba dengan prosedur inisialisasi loop sebanyak 3 kali. Jika gagal, maka port tersebut akan dianggap bermasalah. Untuk memastikan Node atau pun N_port, akan dilakukan resinisialisasi port, dan port pada switch akan mencoba memutus sinar laser sebanyak kurang lebih 20 micro second. kemudian switch port akan kembali menyambun sinar laser dan dinamakan NOSs

U port akan mencoba inisialisasi OLD_PORT dengan mencoba memutuskan link dan mengirimkan NOSs primitive Sequence, jika LIP mengalami timeout atau pun jenis loopinglain mengalami time out atau hanya satu non-zero AL_PA dinyatakan dalam Loop Initialization Sequence (LOOP_EMPTY=false) atau tidak ada non-zero AL_PAs yang dicoba (LOOP_EMPTY=true. Jika status ACTIVE dapat diterima port itu, maka akan dinyatakan type port tersebut adalah G_port.

kemudian akan dideteksi E_port atau pun F_port dengan cara :
Jika ELP sukses tersambung, maka U port akan beroperasi dalam type E port
Jika valid FLOG diterima oleh port, maka port akan beroperasi dalam type F port
Jika loopback sendiri yang diterima oleh port setelah ELP berubah dan LOOP_EMPTY=false, port akan tetap menjadi G_port dan akan diinisialisasi lagi sebgai FL_port

Catatan: Firmware dari switch brocade akan mencoba inisialisasi port setiap 2 detik.

%d bloggers like this: