Raid 1 with SSD’s – worth it?

seperti judul nya, apakah masih perlu kita pakai RAID1 atau RAID 1+0 untuk disk drive SSD ?

sebagaimana kita ketahui RAID disini adalah redundant array of independent disks, bukan RAID yang lain ya… Ide penggunaan RAID dalam konfigurasi disk drive adalah penggunaan beberapa disk drives secara bersamaan untuk dapat memproteksi data yang ada dari kerusakan physical disks. penggunaan RAID ini dapat dikonfigur baik itu secara mirror ataupun secara parity. dalam raid juga kita dapat lihat bahwa data akan di spread diantara disk-disk yang dikonfigur secara RAID untuk dapat me-rebuilt data secara utuh kembali kalau ada disk member yang mengalami kerusakan dalam RAID group tersebut.

saat ini beberapa RAID group yang cukup dikenal antara lain RAID1 (mirroring), RAID 1+0 (mirror + stripe), RAID5 (block level striping dengan 1 distributed parity) dan RAID6 (block level striping dengan 2 distributed parity). untuk disk yang jadul (old-school) dengan spindle (HDD), RAID configuration ini sangat berpengaruh untuk performance maupun capacity. nah, dari beberapa RAID group yang cukup dikenal ini, apakah memang masih dibutuhkan RAID1 atau RAID1+0 untuk disk drive SSD ?

kalau dilihat dari beberapa storage distributor, baik itu HDS, EMC, HP 3PAR, Netapp, IBM dan lainnya, masih memberikan option konfigurasi RAID mulai dari RAID1, RAID1+0, RAID5 ataupun RAID6. Berarti menurut beberapa storage distributor ini, masih diperlukan RAID konfigurasi ini digunakan dalam storage systemnya, nah, tergantung kantong customer untuk penggunaannya berarti. kalau dari sisi performancenya, SSD sudah jauh dibanding HDD yang lama, jadi silahkan dipikir-pikir lagi, apakah memang masih mau pakai RAID1 atau RAID1+0 untuk SSD nya. dilihat lagi kebutuhannya, apakah memang dibutuhkan performance SSD dengan RAID1 atau RAID1+0 digunakan atau malah overkill nantinya.

apakah mau invest SSD dengan konfigurasi RAID1 atau RAID1+0 ? dengan catatan half of your SSD capacity will lose hanya untuk backup saja.

atau maksimalkan capacity SSD nya dan tetap jaga-jaga untuk disks failure dengan RAID6 ?

atau apa adanya ajalah, RAID5 dengan 1 parity ?

Advertisements

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out /  Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out /  Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out /  Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out /  Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: