Instalasi DTrace di Oracle Linux 6.7

Penasaran juga dengan dtrace di linux setelah sekian lama nyobain di solaris, akhirnya ada waktu juga buat testing-testing. :)
aku coba di virtual box, yang running di laptop windows 8. (punya kantor lagi….) hahahhahaha
aku install Oracle Linux 6.7 dengan UEK3 nya.
aku install Oracle Database 11.2.0 berikut example nya. buat bahan testing nantinya
aku install Dtrace nya.

note: aku tidak konek ke internet, jadi aku setup local repository aja dengan nge-mount installernya.
nah, pada saat instalasi dtrace, aku sudah donlot terlebih dahulu dari oracle OLN untuk dtrace utils (dtrace-utils-0.5.1-3.el6.x86_64.rpm), tapi instalasinya ga berjalan mulus…
kemudian, ubek-ubek sana sini, akhirnya bisa juga.
pada saat instalasi, muncul error berikut.
[root@simangunsong tmp]# rpm -ivh dtrace-utils-0.5.1-3.el6.x86_64.rpm
error: Failed dependencies:
dtrace-modules-shared-headers is needed by dtrace-utils-0.5.1-3.el6.x86_64

jangan panik dulu, tinggal donlot lagi aja module yang diminta. pakai om google untuk mencari module yang dibutuhkan, aku coba donlot modul ini
dtrace-modules-shared-headers-0.4.5-3.el6.x86_64.rpm
kemudian install aja
[root@simangunsong tmp]# rpm -ivh dtrace-modules-shared-headers-0.4.5-3.el6.x86_64.rpm
Preparing…                ########################################### [100%]
1:dtrace-modules-shared-h########################################### [100%]
[root@simangunsong tmp]#
nah, sekarang lanjut aja install dtrace utilnya
[root@simangunsong tmp]# rpm -ivh dtrace-utils-0.5.1-3.el6.x86_64.rpm
Preparing…                ########################################### [100%]
1:dtrace-utils           ########################################### [100%]
[root@simangunsong tmp]#

berhasil dah…

selamat mencoba ya.

untuk dtrace lebih lanjut, aku akan tulis dan publish lagi nanti.
sabar menunggu… :)

sembari baca juga tutorial DTRACE on Oracle Linux E50705

rgds
Bhieveth27

Leave a Reply

