Koneksi VMWare ESX ke Hitachi USP100

Koneksi VMWare ESX ke Hitachi USP100 by experience on costumer site. costumer minta di assign disk ke vmware esx 3.0. nah langsung deh.. sedikit contek ke manual book. memang top dah manual book dari HDS, always uptodate. pertama, pastikan HBA ESX nya sudah di kenali di SAN switch, note : default dari ESX adalah point to point topologynya, so be aware, ini harus dan mesti kudu di colokin ke SAN switch. tidak bisa rdirect connect atau FC-AL atau loop. nah, klo belom kelihatan tuh di san switchnya, mending reboot aja tuh mesin ESX nya, bukan hanya guest hostnya, sekalian juga host ESX servernya. di matiin trus di idupin lagi alias di reboot a.k.a restart. sampe nongol tuh di san switch, karena menurut pihak VMWare, jika memang menggunakan HBA sesuai dengan rekomendasi VMWare, no problemo lah… karena sudah teruji dan terbukti di lab mereka nah, udah nongol kan WWN nya, trus lakuin kegiatan rutin lah di san switch, ZONING, bila perlu bikin ALIAS, dan jangan lupa update confignya, biar kerasa efeknya, hehhehehhe setelah zoning dan semua aktifitas di san switchnya selesai, sekarang step forward ke USP100 nya, sediain LUN untuk ESX nya, klo blom format aja LUN yang baru, tapi remember this, this format will take a long-long time to finish, so you have to prepare it before. Assign LUN yang sudah ready untuk di gunakan ke port yang sesuai dengan konfigurasi zoning di san switch. untuk host mode pada saat ngedit hostgroup di USP, pilihlah tipe 0A (NetWare), ini sesuai dengan dokumentasi dari ESX dan HDS nya. setelah ini semua selesai….. pastikan tidak ada yang ketinggalan. check lagi, # WWN sudah dikenali di SAN switch ? # Zoning sudah di create sesuai dengan WWN USP dan WWN ESX ? # Zoning sudah di Activate ? # LUN Musking di USP sudah dibuat blom ? # Hostmode di USP sudah diganti blom ? # LUN nya sudah di assign blom ? klo semuanya sudah selesai, tinggal reboot mesin ESX nya, dari guest host sampai ESX servernya. setelah total semuanya di reboot, tinggal tunggu hasil dah…. I hope the LUN will show up on the ESX server. I have test this on USP100 machine with Brocade 48000, IBM Server that running VMWare ESX 3.0, HBA Qlogic 2340. Good luck. After you read, don’t forget to give me a comment to make understnad how you feel after you read my blogs. Thank you.

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: