Solaris Multipathing dengan MPxIO

Solaris Multipathing dengan MPxIO

Sedikit saya ceritakan pengalaman saya dalam konfigurasi multipathing di Solaris 10 yang saya kerjakan di costumer baru-baru ini.

ada beberapa hal yang perlu di perhatikan ataupun dikonfigurasi untuk menjalankan fungsi multipathing di solaris 10. sebagai informasi aja, multipathing ini ada free dari SUN, dan juga sudah include terinstall otomatis di solaris 10, di solaris 9 dan sebelumnya, fitur ini harus di install manual.

file configurasi yang perlu di konfigur adalah:
#/kernel/drv/scsi_vhci.conf
di dalam file ini, hanya dipastikan bahwa multipating itu menggunakan methoda ’round robin’

file yang selanjutnya adalah :
#/kernel/drv/fp.conf

dalam file konfigurasi ini akan ditambahkan port-port HBA yang akan di masukkan dalam multipathing.

sebelum memulai konfigurasi multipathing ini pastikan dulu bahwa hal-hal dibawah ini sudah ready smuanya.

– pastikan HBA nya lebih dari 1 port.
– pastikan koneksi ke disk normal, dan jika lewat SAN, pastikan juga zoning dan sebagainya running well
– pastikan lagi, LUN atau pun disk yang dikenal kedalam 2 atau lebih port HBA itu adalah disk yang sama
– pastikan juga anda sudah siap dengan dokumentasi mengenai multipathing.

setelah yang diatas ready smua, mari kita konfigure multipathingnya.

pertama.
cek dulu penamaan port di dalam solarisnya, port mana yang digunakan untuk koneksi ke disk dan bagaimana status koneksinya.

command :
#luxadm -e port
nah.. akan ditampilkan port-port HBA yang digunakan beserta satusnya, connected atau tidak.

setelah dapat output dari perintah luxadm, copykan terlebih dahulu ke notepad atau ke editor mana aja, sing penting bisa di copy-paste.

kemudian pastikan bahwa status multipathing ’round robin’ di /kernel/drv/scsi_vhci.conf sudah di remark

kemudian buka file /kernel/drv/fp.conf

tambahwa kan hasil otuput yang telah didapat dari hasil luxadm -e port tadi, seperti contoh di bawah ini, dan hasil dibawah ini tidak selalu sama dengen punya ente, jadi jangan asal copy pastekan yah…

mpxio-disable=”yes”;
name=”fp”parent=”/pci@6,2000/SUNW,qlc@2″ port=0 mpxio-disable=”no”;
name=”fp”parent=”/pci@13,2000/pci@2/SUNW,qlc@5″ port=0 mpxio-disable=”no”;

kemudian save dah tuh file.

kemudian aktifkan multipathnya

commandnya :
#stmsboot -D fp -e

dan akan diminta untuk reboot mesin.

good luck, mudah-mudahan multipathnya jalan,
dan JIKA SAKIT BERLANJUT HUBUNGI YANG BERKEPENTINGAN. hehhehehehhehehhe

Leave a Reply

Please log in using one of these methods to post your comment:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: