Akhirnya punya paspor juga sekarang.

Hari ini tanggal 20 Februari 2007, aku telah menandatangani dan memiliki paspor baru.

Karena pengurusannya di handle oleh kantor, aku tidak dapat bercerita banyak, soalnya aku hanya dihubungi untuk photo dan tanda tangan saja. Memang aku terbantu dalam hal

pengurusan, aku tidak merasa repot untuk kesana-kemari untuk pengambilan formulir. Tetapi bukannya aku munafik atau idealis gitu, cuman aku merasa aku tidak tahu prosedur apa

sebenarnya yang diperlukan dan bagai mana prosedur pengurusannya di kantor imigrasi.
Tapi setelah bertanya-tanya setelah pengambilan photo keberapa orang yang ada di kantor imigrasi tersebut, dan membaca sebagian prosedur, maka aku berikan sedikit gambaran

mengenai pengurusan paspor di Republik Indonesia.
Hal-hal yang perlu di persiapkan.
– Akte Lahir
– Kartu Tanda penduduk (KTP)
– Kartu Keluarga (KK)
– Ijazah terakhir.
semua itu dibutuhkan asli dan photo copy nya. copynya cukup rangkap satu aja.
setelah persyaratannya lengkap, baru deh datang ke kantor imigrasi untuk mengisi formulir dan menyerahkan syaratnya, yaitu photo copy dari dokumen diatas. Trus setelah 5 hari

kerja, baru datang lagi untuk pengambilan photo dan tanda tangan serta wawancara singkat.
Setelah semuanya selesai, maka di tunggu lagi selama 5 hari kerja lagi untuk mengambil paspor ke kantor imigrasinya.
Untuk biaya, saya baca di pusat informasinya adalah sebagai berikut.
– Biaya pengurusan paspor Rp. 200.000,-
– Biaya administratsi Rp. 55.000,-
– Biaya lain-lain Rp. 5.000,-
Total biaya pengurusan paspor adalah Rp. 260.000,- (cat. sampai tulisan ini di tulis)

Segitu aja kayaknya sih, sorry kepada yang lebih tahu informasi, karena pengurusan saya dihandle oleh kantor, aku hanya megumpulkan info dari beberapa orang yang ada disana
thanks

Leave a Reply

