ORA-24247: network access denied by access control list (ACL)

ORA-24247: network access denied by access control list (ACL)

sesuai judul, dengan kerjaan migrasi oracle database dari 10g ke 12c, ketemu dah beberapa hal yang tidak lazim. walaupun penggunaan ACL sudah diperkenalkan sejak oracle database versi 11g, cuman baru saat ini ketemu beginian.
setelah migrasi schema-schema yang diperluakan melalui metode export import, dan setelah object-object di recompile, maka ada beberapa script yang tidak bisa run di versi 12c. sebelumnya di versi 10g tidak ada issue dengan script tersebut. mulailah ngobok-ngobok lewat google dan kawan-kawan.
issuenya, setelah running script yang menggunakan UTL_HTTP, untuk akses website melalui sql command, ketemu error seperti ini
SQL>select UTL_HTTP_GET(‘http://example:27272’) from dual;
“ORA-29273: HTTP request failed
ORA-24247: network access denied by access control list (ACL) Continue reading

Advertisements

cara create oracle script di execute lewat crontab

cara create oracle script di execute lewat crontab

dalam case ini, coba create simple script untuk capture session dan sql detail bersama timestamp dan akan di run tiap 15 menit dari crontab.
environmentnya pake oracle solaris 10 ya. sama aja klo pake linux juga. yang penting paham penggunaan waktu di crontab aja.

ceritanya, saya ingin mendapatkan detail session dan sql yang dijalankan, tapi auditnya tidak diaktifkan. dalam hal ini, cukup dengan menjalankan per 15 menit saja. karena itu sudah cukup buat jadi baseline untuk reporting.

step stepnya begini.
1. kita pastikan lokasi direktori yang akan digunakan menjadi source script dan destination resultnya
mkdir /opt/home/oracle/testing
chown oracle:dba /opt/home/oracle/testing ==> klo createnya pake user root ato user lain ya. klo createnya pake user oracle, udah pasti ownernya oracle :) Continue reading

Recover Solaris cluster from amnesia

Recover Solaris cluster from amnesia

beberapa hari lalu, ada perkerjaan untuk melakukan maintenance di solaris cluster 4.2, running di solaris 11. dan kejadian yang tidak diharapkan pun terjadi. setelah melakukan shutdown di node 1 dan node 2, kemudian melakukan start up, terjadilah node 1 bisa up dan node 2 stuck.
akhrinya solaris cluster pun AMNESIA, tidak bisa melihat node 2. dan semua resources under solaris cluster tidak berfungsi. mountpoint tidak bisa up, otomatis database pun tidak bisa up. akhirnya declare severity paling critical.
setelah berjibaku beberapa jam, dan paralel open case ke My Oracle Support (MOS), akhirnya AMNESIA pun bisa disembuhkan.

solusi yang diberikan dari team MOS ada di dokumen Doc ID 1018806.1 Continue reading

Mengganti nama ORACLE_SID dalam RAC Database

Mengganti nama ORACLE_SID dalam RAC Database

just sharing pengalaman baru baru ini. saya diminta untuk mengganti nama ORACLE_SID untuk memenuhi criteria dari piha customer.
untuk case ini, saya tidak mengganti nama database (DBNAME), saya hanya diminta mengganti ORACLE_SID name sesuai dengan criteria yang telah di tentukan oleh customer.
tapi saya akan sampaikan juga cara ganti dbname klo memang diperlukan.

saat ini kondisi dbname dan oracle_sid adalah sebagai berikut:
– dbname = PERFDB
– node 1 oracle_sid = perf1
– node 2 oracle_sid = perf2
– menggunakan ASM disks Continue reading

Oracle SUN servers x86 model numbers

currently we have seen some more models number/naming for Oracle SUN x86 servers. what is the different between the previous naming with the new naming ?

example, around 2012, we still see Oracle SUN servers model SUN Fire X4170 and now we see SUN server X3-2.

here some info about the former naming and new naming for Oracle SUN servers. Continue reading

Merga (Clans) for Karonese Ethnic Group

Just for sharing.

(mohon ijin share buat yang create gambar ini, karena didapat dari group media sosial, jadi tidak begitu tahu siapa creator nya)

marga suku karo

We have more than 300 ethnics group in Indonesia. As we know, the biggest population is Javanese ethnic, around 40% from all Indonesia population.

On this post, I just try to share ethnic that have a beginning from North Sumatra, we call it Bataknese Ethnic. Bataknese have 5 Sub-Ethnics : Toba, Simalungun, Karo, Mandailing and Pakpak. Continue reading

Countries are Welcomed to Indonesia

Continuing the power of passport, now I want to share list of countries are welcomed to Indonesia based on http://www.passportindex.org.

As a comparison, I have compare countries are welcomed to Indonesia, Malaysia, Singapore and United State. From list that listed on passportindex, Indonesia welcoming 169 countries, Malaysia welcoming 163 countries, same with Singapore 163 countries and United State welcoming 43 countries only. :)

Here you go, detail list taken from passportindex dot org. Continue reading

%d bloggers like this: